Senin, 09 Januari 2012

Makalah tentang Teknologi Informasi (Tugas TI)

TEKNOLOGI INFORMASI
DI KALANGAN
 PENDIDIKAN DAN EKONOMI


Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Teknologi Informasi
Dosen: Ade Suherman, S.Pd., M.Pd.


  
                                 

DISUSUN OLEH : IRFAN PATUROHMAN




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH
CIAMIS
2011






KATA PENGANTAR

Segala puji hanyalah milik Allah ‘Azza Wajalla, Yang Maha Menggenggam setiap keadaan, Yang Maha Memelihara setiap kejadian dan yang telah menganugerahkan berbagai anugerah kepada makhluknya dimuka bumi ini dengan limpahan nikmat yang tak akan terhitung oleh bilangan dan tercatat oleh tulisan, semoga kita termasuk hambanya yang senantiasa dapat bersyukur dan menjadi golongan yang mendapat naungan ‘Arasy-Nya.
Shalawat dan salam smoga tercurah limpahkan kepada baginda alam, Nabi Muhammad Saw. Yang menjadi inspirasi bagi perkembangan peradaban di berbagai pelosok negeri dan menjadi washilah terpancarnya cahaya Islam ke seluruh penjuru dunia dan tak luput kepada hati-hati kita semua.
Atas izin Allah penyusun dapat menyelesaikan makalah tentang Teknologi Informasi di kalangan pendidikan dan ekonomi, dengan harapan dengan pembuatan makalah ini dapat meningkatkan kekayaan ilmu pengetahuan dan menjadikan motivasi untuk lebih menggali dan mengembangkan ilmu dengan sungguh-sungguh.
Penyusun juga mengucapkan beribu terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Ade Suherman, S.Pd, M.Pd. selaku Dosen Mata Kuliah Teknologi Informasi yang telah memberikan bimbingan dan pendidikan kepada kami, semoga segala keikhlasannya mendapat balasan yang dilipat gandakan oleh Allah Swt. serta menjadi wasilah menuju surga-Nya.
Penyusun akui masih sangat banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu kepada siapapun yang membacanya diharapkan untuk menyumbangkan saran, opini dan kritik guna kebaikan pada masa yang akan datang.
Hasbunallah wani’mal wakiil …
                                                                                
Penulis,


Irfan Paturohman




DAFTAR ISI
                                                                   Halaman


KATA PENGANTAR ..............................................................................         i
DAFTAR ISI  ............................................................................................        ii

BAB I PENDAHULUAN
.........................................................................         1
1.1 Latar Belakang............................................................................        1
1.2 Tujuan.........................................................................................        1
1.3 Metode Penulisan .......................................................................        2

BAB II PEMBAHASAN ..........................................................................        3
2.1 Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan.......              3
2.2 Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang Ekonomi.........              4
2.3 Dampak Positif dan Negatif dari perkembangan teknologi
      informasi dilihat dari berbagai bidang..........................................            7
                       
BAB III PENUTUP ..................................................................................        10
3.1 Kesimpulan ..................................................................................        10
3.2 Saran ............................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP PENULIS







BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Sebagaimana kita ketahui bahwa teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting pada zaman ini, orang tua maupun anak – anak memanfaatkan teknologi tersebut, Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). adapun yang terbaru pada tahu sekarang ini yaitu pada dunia maya,disana terdapat banyak sekali akse untuk bertukar informasi. contohnya Facebook, twitter, Yahoo messenger, Mirc dan lain – lain.

1.2 Tujuan

1.        Tujuan Umum
Agar mahasiswa dapat menjelaskan tentang fungsi teknologi informasi pada era globalisasi ini.
2.        Tujuan Khusus
a.         Agar mahasiswa mampu memahami tekhnologi informasi sebagai suatu  kebutuhan.
b.         Agar mahasiswa mampu dan mengetahui ataupun mempergunakan teknologi informasi.

1.3 Metode Penulisan

Penulis mempergunakan metode kepustakaan.Cara-cara yang digunakan pada penelitian ini adalah : Studi Pustaka.Dalam metode ini penulis membaca buku-buku yang berkaitan dengan penulisan makalah ini.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan
Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya mengembangkan Sistem Informasi manajemennya agar mampu mengikuti perubahan jaman.
SISKO mampu memberikan kemudahan pihak pengelola menjalankan kegiatannya dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas sekolah dimata siswa, orang tua siswa, dan masyakat umumnya.Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan. Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan akan ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain menunda penerapan teknologi informasi dalam lembaga pendidikan berarti menunda kelancaran pendidikan dalam menghadapi persaingan global.
Pemanfaatan teknologi informasi diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga.
Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa. Dengan demikian siswa akan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan kepribadian dan pengetahuannya.

2.2 Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang Ekonomi
      Semua bidang kehidupan saat ini sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan pengunaan perangkat TIK, adapun  peran TIK dalam bida ekonomi adalah sebagai berikut:

1.    E- Banking

Apa itu e-banking?  E-banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif. E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti pintar elektronik seperti komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.
Marilah kita telaah satu persatu saluran dari e-Banking yang telah diterapkan bank-bank di Indonesia sebagai berikut
.

Ø ATM

          Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri, ini adalah saluran e-Banking paling populer yang kita kenal. Setiap kita pasti mempunyai kartu ATM dan menggunakan fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai. Dalam perkembangannya, fitur semakin bertambah yang memungkinkan untuk melakukan pemindah bukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan yang terkini transfer ke bank lain (dalam satu switching jaringan ATM). Selain bertransaksi melalui mesin ATM, kartu ATM dapat pula digunakan untuk berbelanja di tempat perbelanjaan, berfungsi sebagai kartu debit. Bila kita mengenal ATM sebagai mesin untuk mengambil uang, belakangan muncul pula ATM yang dapat menerima setoran uang, yang dikenal pula sebagai Cash Deposit Machine/CDM. Layaklah bila ATM disebut sebagai mesin sejuta umat dan segala bisa, karena ragam fitur dan kemudahan penggunaannya.

Ø Phone Banking

  ini adalah saluran yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dengan bank via telepon. Pada awalnya lazim diakses melalui telepon rumah, namun seiring dengan makin populernya telepon genggam/HP, maka tersedia pula nomor akses khusus via HP bertarif panggilan flat dari manapun nasabah berada. Pada awalnya, layanan Phone Banking hanya bersifat informasi yaitu untuk informasi jasa/produk bank dan informasi saldo rekening serta dilayani oleh Customer Service Operator/CSO. Namun profilnya kemudian berkembang untuk transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain; serta dilayani oleh Interactive Voice Response (IVR). Fasilitas ini boleh dibilang lebih praktis ketimbang ATM untuk transaksi non tunai, karena cukup menggunakan telepon/HP di manapun kita berada, kita bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain.

Ø Internet Banking

                 ini termasuk saluran teranyar e-Banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan komputer/PC atau PDA. Fitur transaksi yang dapat dilakukan sama dengan Phone Banking yaitu informasi jasa/produk bank, informasi saldo rekening, transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain. Kelebihan dari saluran ini adalah kenyamanan bertransaksi dengan tampilan menu dan informasi secara lengkap tertampang di layar komputer/PC atau PDA


Ø SMS/ m-Banking

            saluran ini pada dasarnya evolusi lebih lanjut dari Phone Banking, yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via HP dengan perintah SMS. Fitur transaksi yang dapat dilakukan yaitu informasi saldo rekening, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), dan pembelian voucher. Untuk transaksi lainnya pada dasarnya dapat pula dilakukan, namun tergantung pada akses yang dapat diberikan bank. Saluran ini sebenarnya termasuk praktis namun dalam prakteknya agak merepotkan karena nasabah harus menghapal kode-kode transaksi dalam pengetikan sms, kecuali pada bank yang melakukan kerjasama dengan operator seluler, menyediakan akses banking menu - Sim Tool Kit (STK) pada simcardnya.
Di balik kemudahan e-Banking tersimpan pula resiko, untuk itu diperlukan pengaman yang baik. Lazimnya untuk ATM, nasabah diberikan kartu ATM dan kode rahasia pribadi (PIN); sedangkan untuk Phone Banking, Internet Banking, dan SMS/m-Banking, nasabah diberikan kode pengenal (userid) dan PIN. Sebagai pengaman tambahan untuk internet banking, pada bank tertentu diberikan piranti tambahan untuk mengeluarkan PIN acak/random. Sedangkan untuk SMS Banking, nasabah diminta untuk meregistrasikan nomor HP yang digunakan.
Dengan beragamnya kemudahan transaksi via e-Banking, kini pilihan ada di tangan kita untuk memanfaatkannya atau tidak. Namun mengingat tidak semua bank menyediakan layanan-layanan tersebut, maka seberapa pintarkah bank kita? Untuk dapat bertransaksi pintar, kini saatnya memilih bank pintar kita, tentunya sesuai kebutuhan transaksi
.

2.    E-Commerce

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

3.    M- Dagang

M-dagang atau M-Commerce (Mobile-Commerce, mCommerce) adalah sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile seperti: telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain lain. Pada saat pengguna komputer berpindah dari satu tempat ke tempat lain (sewaktu berada dalam mobil, misalnya), pengguna komputer tersebut dapat melakukan transaksi jual beli produk di Internet dengan menggunakan sistem m-dagang ini. Selain m-dagang, istilah lain yang sering dipakai adalah m-bisnis (Mobile Business atau m-business).
Dasarnya, m-dagang adalah gabungan dari perdagangan elektronik (e-dagang) dengan mobile computing. Bisa dikatakan bahwa m-dagang ini adalah e-dagang yang berada dalam lingkungan nirkabel. Seperti halnya e-dagang pada umumnya, penggunaan m-dagang bisa ditransaksikan melalui Internet, jaringan komunikasi pribadi, kartu pintar, dan infrastruktur lainnya. M-dagang membuka peluang untuk memberikan layanan baru bagi customer yang telah ada, dan untuk menarik customer baru.

4.    L- Dagang atau L- Commerce

L-dagang atau L-Commerce (Location based-Commerce) adalah sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) yang menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS (Global Positioning Systems) dan satelit. Berbeda dengan m-dagang yang lebih menekankan pada aspek pemakaian peralatan mobile, maka L-dagang bisa menggunakan baik peralatan mobile maupun komputer jenis desktop.
Salah satu contoh yang sering dijumpai dalam L-dagang adalah pencarian informasi mengenai letak restoran yang terdekat dengan tempat pengguna Internet tersebut berada. Contoh lain dari L-dagang adalah sistem penelusuran paket pengiriman barang yang dikirim lewat perusahaan UPS atau Federal Express di Amerika Serikat. Namun sekarang, L-dagang juga sudah mulai dipakai untuk melihat waktu kedatangan bis kota secara tepat di suatu halte bis tertentu, yang sangat bermanfaat pada saat musim dingin yang mencekam tiba.

 

 

2.3 Dampak Positif dan Negatif dari perkembangan teknologi informasi dilihat dari berbagai bidang :

v  Bidang Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat :
a.    Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
b.    Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
c.    Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya
v  Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain :
§  Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
§  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
§  Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
v  Bidang Politik
§  Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di  kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
§  Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.

BAB III
PENUTUP


Demikian makalah tentang Ruang Lingkup Teknologi Informatika yang saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


3.1 Kesimpulan

Saya menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi informasi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi informasi akan terus berkembang karena manusia tidak pernah merasa puas akan apa yang sudah ada sekarang. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi masyarakat sudah dapat menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam perkembangan teknologi informasi. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi informasi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi informasi tersebut, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan perundang-undangan atau melalui suatu konvensi internasional yang membahas tentang etika yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi informasi.
3.2 Saran

Teknologi Informasi harus dikembangkan karena sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Selain itu kita harus mempelajari dan lebih menguasai teknologi informasi khusunya dalam bidang komputer untuk menunjang kehidupan yang lebih maju dan modern.

Daftar Pustaka


Agung Setiawan, Pengantar Sistem Komputer, (Bandung : Penerbit Informatikan Bandung, 2004)
William Stallings, Organisasi dan Arsitektur Komputer : Rancangan Kinerja, Alih Bahasa , Tamir Abdul Hafedh, (Jakarta : PT INDEKS Kelompok GRAMEDIA, 2004
Andrw S. Tanenbaun/Dierjemah oleh : Thamir Abdul Al Hamdan, Organisasi Komputer Terstruktur, (Jakarta : Penerbit Salemba Teknika, 2001)
http://alisay.blogspot.com/2008/05/makalah-hardware.html
http://www.total.or.id/info.php?kk=hardware
http://dedenthea.wordpress.com/2006/12/11/mengenal-hardware-dan-topologi-jaringan/
http://say2revolution.wordpress.com/2008/03/19/pengertian-hardware-dan-software/
http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/


Riwayat Hidup Penulis      
       

   Nama
          Irfan Paturohman
                            Lahir           : Ciamis, 26 Februari 1992
                            Pendidikan :
*      Tamat SD Tahun 2004 di SD N 2 Pamalayan
*      Tamat SMP Tahun 2007 di SMP N 1 Cijeungjing
*      Tamat SMK Tahun 2010 di SMK LPT Ciamis
 Selama di sekolah saya sering membaca buku-buku mengenai komputer sehingga pada kesempatan kali ini saya bisa membuat makalah yang insyallah para pembaca merasa puas pada makalah ini, tidak lupa saya berterima kasih kepada allah yang maha pengasih pada kesempatan ini saya baru bisa membuat makalah yang cukup rumit tetapi berkat dorongan dari teman-teman mdan orang tua maka selesailah makalah ini, semoga kedepan nya bisa menjadi lebih baik. arrividerchi.




1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai teknologi informasi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2594/1/UG_SNATI2009.Teknik.Informatika.UII.B9.Damerianta.Pengaruh.Pene.pdf
    trimakasih

    BalasHapus